Selasa, 30 September 2014

Tugas Minggu ke-3 Data Warehouse (Penerapan Data Warehouse pada perusahaan)

Pada jurnal yang saya baca berikut penulis merancang pembuatan aplikasi datawarehouse untuk analisis penjualan mobil pada PT. Asco Automotive. Penulis menerangkan jika kebutuhan akan data pada perusahaan tersebut sangatlah besar, dan pengolahan dengan cara manual dirasa tidak mampu memenuhi kebutuhan informasi yang akan dijadikan bahan pengambilan keputusan. Untuk itu penulis merancang sebuah aplikasi datawarehouse untuk keperluan tersebut.
Tujuan dari perancangan aplikasi ini adalah mempermudah pengguna dalam hal ini manager dalam menganalisa penjualan mobil.

Dalam pembuatannya, penulis menggunakan metode prototyping. apa itu metode prototyping akan saya jelaskan dibawah.

Metode Prototyping
adalah salah satu metode pengembangan perangkat lunak (software). Metode ini memiliki kelebihan yaitu cepat dalam mengumpulkan informasi dan cepat dalam menganalisa. Prototyping, dimulai dengan pengumpulan kebutuhan, mendefinisikan objektif keseluruhan dari software, mengidentifikasikan segala kebutuhan, kemudian dilakukan “perangcangan kilat” yang difokuskan pada penyajian aspek yang diperlukan.

 

Perancangan yang cepat tersebut berfokus pada penggambaran aspek-aspek perangkat lunak sperti antarmuka dan output. rancanga yang cepat ini akan menghasilkan sebuah prototype yang segera dapat dilihat pengguna dan dapat dievaluasi untuk memperbaiki kebutuhan perangkat lunak.

Pada rancangannya, penulis menggunakan pemodelan star schema. Pemodelan tersebut merupakan desain skema dimana terdapat tabel fakta yang berada di tengah dan sejumlah tabel dimensi yang berfungsi menjelaskan tabel fakta.

 


download jurnal: disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar